7bI3M4btFAjoZvrj1vXG5ugzifeiqBRX6VeigjIh
7bI3M4btFAjoZvrj1vXG5ugzifeiqBRX6VeigjIh

Followers

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.
Bookmark

Bagaimana Cara Agar Aplikasi Efaktur 3.0 Tidak Makan Memori Penyimpanan

Agar Efaktur 3.0 Tidak Makan Space Memori

aplikasi efaktur etaxinvoice versi dekstop memiliki keterampilan melakukan backup data setiap kali user akan melakukan login. ketika dalam 1 hari pengguna melakukan login ke aplikasi dekstop sebanyak 10x maka aplikasi akan melakukan backup dan membuat file backup yang berbeda sebanyak 10 file backup. file akan ditumpuk dengan berdasarkan urutan waktu login.

data backup tersebut akan disimpan dalam folder \backup. file yang berbentu rar dengan format nama 'db_tahunbulantanggaljammenitdetik' contohnya seperti ini

bd efaktur


jika database faktur anda berukuran 1GB (karena data tranksasi faktur nya banyak) maka sudah dipastikan folder aplikasi anda akan dipenuhi backup file file berukuran besar sebanyak jumlah setiapkali anda login.

Apakah File Backup Bisa Dihapus?

jawabannya iya bisa, untuk mengoptimalkan pemanfaatan kapasitas penyimpanan pada laptop atau komputer anda, anda bisa mulai menata file file backup mana saja yang sekiranya penting dan anda butuhkan. anda bisa mendelete file backup yang tidak digunakan atau anda bisa mengcopy nya ke dalam media penyimpanan lainnya.

Fungsi backup db etaxinvoice

fungsi file backup ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membackup file db utama. file backup berisi seluruh data aplikasi berupa data keluaran, data masukan, lawan tranksaksi, dan SPT ayng telah di posting

file backup bisa anda gunakan bilamana file backup utama error.  caranya sangat mudah, anda cukup mengextract file backup tersebut kemudian merestorenya di folder utama.

jika anda melakukan restore data backup perhatikan tanggal pembuatan file backup, perhatikan isi data file backup. jika terdapat data faktur yang tidak tercover oleh file backup maka silahkan melakukan permintaan data faktur di KPP anda terdaftar.

Bagaimana Jika Jumlah Datanya Sedikit? 

Apakah data backup perlu saya hapus? jika data data jumlah rikord keluaran dan masukan yang tidak terlalu banyak maka hal itu tidak terlalu memakan media penyimpanan pada laptop anda, maka anda tidak perlu risau dengan file backup tersebut, karena kapasitas yang digunakan oleh aplikasi efaktur tidak terlalu signifikan...

Apakah Semua Laptop Otomatis Backup Efaktur?

tidak semua, ada trik khusus yang bisa anda lakukan agar efaktur anda tidak melakukan backup secara otomatis yang mana bisa memperlambat kinerja aplikasi. caranya adalah dengan rename file ETaxinvoiceUpd menjadi nama file (contoh) ETaxinvoiceUpd_ atau menjadi nama file apa saja... jika anda menggunakan trik ini maka pastikan anda rutin melakukan backup secara manual agar menghindari risiko kelihangan data backup.
efaktur 3.0



sekian...


3 comments

3 comments

Dont Hesitate
  • Anonymous
    Anonymous
    April 5, 2021 at 10:28 AM
    Bang kalo kita nggk tau file db yang penting gimana cara lihatnya?
    • Anonymous
      Wahyuddin Rosi
      April 5, 2021 at 1:31 PM
      bisa di lihat dari tanggal file nya... yang terbaru biasanya yg update

      Atau, bisa juga di cek satu2, dengan cara extract kemudian pasang ke folder aplikasi efaktur...
    • Anonymous
      Wahyuddin Rosi
      April 5, 2021 at 1:34 PM
      Jika di pasang di folder efaktur hati2 jangan sampai db asli tertimpa...
    Reply