7bI3M4btFAjoZvrj1vXG5ugzifeiqBRX6VeigjIh
7bI3M4btFAjoZvrj1vXG5ugzifeiqBRX6VeigjIh

Followers

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.
Bookmark

SPTSERVICE-00034: Nomor Pembayaran Sudah Digunakan

Bagaimana cara mengatasi nomor pembayaran NTPN sudah digunakan dalam aplikasi web efaktur?


NTPN sudah digunakan

sekedar info bahwa pada administrasi pelaporan PPN menggunakan aplikasi web efaktur, nomor ntpn pembayaran ppn hanya bisa digunakan sekali saja. itu artinya ketika anda telah berhasil merekam NTPN sebelumnya kemudian anda menghapus SPT nya dan melakukan posting ulang termasuk SPT pembetulan maka secara sistim akan menolak dan muncul pesan seperti diatas. 

bagaimana solusi nya agar pelaporan SPT bisa dilanjutkan? satu satunya solusi yang anda bisa lakukan adalah dengan cara merekam ulang pembayaran anda tersebut pada kolom B. PPN disetor dimuka dalam Masa Pajak yang sama. 

ntpn sudah digunakan

SPT Jadi Nihil?

ketika anda merekam pembayaran PPN anda pada kolom II.B maka status SPT nya adalah Nihil bukan kurang bayar. tetapi jangan khawatir, perhitungan SPT menggunakan mekanisme diatas sudah benar. selama anda telah menginput seluruh data faktur dan pembayarannya telah tervalidasi NTPN

Lawan Transaksi Mau nya Kurang Bayar

Ada suatu kebiasaan yang biasa terjadi antara PKP penjual dan pembeli, meski hanya sebagian saja,  yaitu pembeli meminta bukti pelaporan SPT masa ppn kepada pihak penerbit/penjual. ini gunanya untuk menvalidasi apakah penjual benar benar telah melaporkan fakturnya.  

Kita mungkin sudah paham bahwa faktur masukan yang tidak dilaporkan lawan itu status hukumnya seperti apa. Beberapa perusahaan melakukan assestment kepada lawan trnaksaksi mereka untuk memastikan faktur mereka terlapor. 

jika anda ingin memvalidasi faktur lawan tranksaksi ada baiknya tidak hanya meminta bukti pelaporan SPT masa PPN nya. Tetapi juga Lampiran SPT A2 (daftar faktur keluaran) nya.  Minimal kolom baris dimana faktur atas nama anda ada disitu. 
 

A2 Tidak Bisa dicetak

informasi tambahan lagi, bagi pengguna aplikasi web efaktur lampiran SPT PPN A2 sudah tidak terdapat menu cetak lagi.  jadi gimana dong cara meyakinkan lawan tranksaksi? salah satu solusi adalah mencetak nya melalui aplikasi efaktur dekstop.

sebelum mencetak pastikan data faktur anda telah terekam semua, dan juga data pambayarannya telah terinput ntpnnya (jika terdapatnya kurang bayar). tidak perlu khawatir di aplikasi versi dekstop anda bisa merekam NTPN tanpa ada notifikasi ntpn sudah digunakan.

laporkan seluruh faktur anda dengan benar secara isi dan tepat waktu, agar tidak menimbulkan risiko dimasa yang akan datang.

semoga bermanfaat #cmiiw...


Post a Comment

Post a Comment

Dont Hesitate