Etax 40001 Efaktur 3.0
tidak bisa upload efaktur? padahal jaringan internet lancar? jangan khawatir pada postingan kali ini kami akan membantu anda bagaimana cara mengidentifikasi penyebab masalah efaktur yang tidak upload akibat aplikasi tidak bisa menghubungi server dan memberikan solusi dalam bentuk tutorial yang sangat mudah untuk dilakukan sehingga etax error service anda bisa teratasi.
ada beberapa faktor yang menyebabkan efaktur anda error 40001 tidak dapat terhubung ke server efaktur, diantaranya adalah :
1. Sertifikat Elektronik Kadaluarsa
hampir sebagian besar error 40001 disebabkan oleh sertifikat elektronik yang sudah expired. secara umumnya sertifikat elektronik memang hanya berlaku 2 tahun. beberapa wajib pajak terkadang tidak menyadari bahwa masa berlaku sertifikat mereka telah expired.
Untuk mengatahui nya silahkan klik disini sertifikat elektronik, atau anda bisa melakukan pengecekan sendiri dengan cara :
- silahkan login ke efaktur.pajak.go.id
- klik menu download sertifikat digital
- kemudian klik OK
- pada tampilan unduh anda bisa melihat masa berlaku sertifikat elektronik anda
jika anda menemukan sertifkat anda telah expired maka silahkan lakukan perpanjangan sertifikat digital. caranya tidak terlalu sulit karena dapat dilakukan secara online. silahkan klik panduan perpanjangan sertifikat secara online
2. Setting Ulang Sertifikat Digital
setelah anda melakukan pengecekan masa berlaku sertifikat digital dan ternyata anda mendapati sertifikat anda belum expired atau masih berlaku, maka tindakan yang perlu anda lakukan adalah melakukan setting ulang sertifikat elektronik pada aplikasi efaktur.
ketika memasang sertifkat elektronik pastikan bahwa sertifikat yang terpasang adalah benar benar sertifikat yang masih berlaku. tidak tertukar dengar sertifikat yang telah expired.
jika sertifikat anda masih berlaku maka silahkan lakukan ini :
- unduh sertifikat tersebut
- kemudian buka aplikasi efaktur dekstop anda
- setelah login klik menu referensi
- klik submenu administrasi sertifikat
- kemudian pasang ulang sertifikat yang barusan anda unduh tersebut
- jika sudah, silahkan restart aplikasi efaktur anda dan mulai upload ulang
3. Disable Anti Virus
jika sertifkat anda masih berlaku dan anda sudah melakukan setting ulang dan tetap juga masih belum terhubung ke server, maka bisa jadi anti virus anda memblokir fungsi keamanan daripada sertifikat elektronik anda tersebut, solusi yang anda bisa lakukan adalah :
disable anti virus :
- silahkan klik kanan icon anti virus pada kana bawah taskbar laptop anda
- pilih disable anti virus
- anda bisa memilih antara temporary atau permanent
- jika anti virus dilaptop anda sudah offline maka silahkan mencoba kembali upload efaktur
4. Patch Ulang Aplikasi Efaktur (Tanpa Reset Data)
file file dalam folder aplikasi efaktur agar bisa berfungsi sempurna maka harus lengkap dan tidak cacat (beberapa virus mungkin menyerang file2 di folder efaktur). pada folder aplikasi efaktur yang paling penting adalah folder db saja, jika yang lain hilang rusak atau terhapus maka dapat di restore ulang menggunakan patch default. namun jika folder db yang hilang/rusak maka akan sulit untuk di restore (kecuali ada backup)
untuk memastikan file file aplikasi anda normal maka silahkan melakukan patch ulang (bukan reset aplikasi)
cara patch ulang aplikasi efaktur :
- silahkan unduh file aplikasi nya disini
- jika sudah terunduh, silahkan extract file nya
- file yang anda extract tadi akan minus folder db
- kemudian copy db dari aplikasi lama ke aplikasi baru di extract tadi
- jalan kan aplikasi baru tadi,
- setting ulang sertifikat
- kemudian coba ulang upload efaktur.
demikian semoga membantu
1 comment